Anak terlindungi dari Flu, Bantu Anak Raih Prestasi di Sekolah

Anak terlindungi dari Flu, Bantu Anak Raih Prestasi di Sekolah

Oleh : Rumah Vaksinasi

Sekolah tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk belajar, tetapi juga sebagai tempat yang membentuk karakter, keterampilan, dan nilai-nilai yang penting bagi seorang anak. Karena hal itulah, kesehatan anak harus selalu prima agar maksimal di sekolah. Ada hubungan yang kuat antara kesehatan dan keberhasilan prestasi akademik. Siswa yang sehat lebih mungkin untuk hadir di sekolah secara teratur, berpartisipasi aktif di kelas, dan berprestasi lebih baik secara akademik. Sebaliknya, kesehatan yang buruk dapat menyebabkan ketidakhadiran dan penurunan konsentrasi, yang berdampak negatif pada hasil pembelajaran. Dengan memprioritaskan kesehatan, anak dapat menjalani proses belajar dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan anak, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan. Anak memerlukan nutrisi yang cukup, aktivitas fisik yang teratur, pola asuh yang baik dan lingkungan yang sehat. Selain itu, anak juga perlu imunisasi yang lengkap.

Imunisasi adalah cara penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh anak-anak di sekolah adalah flu. Flu merupakan penyakit yang sangat mudah menular dan dapat membuat performa anak di sekolah menurun. Oleh karena itu, pada anak usia sekolah, vaksinasi influenza sangat penting diberikan secara rutin. Hal ini merupakan bagian langkah pencegahan yang sangat penting untuk melindungi kesehatan anak dari gejala flu dan komplikasinya. Ini juga mampu menjaga anak agar dapat selalu mengikuti pelajaran tanpa gangguan sakit flu hingga harus absen dari sekolah.

Rekomendasi jadwal vaksin influenza pada anak berdasarkan rekomendasi IDAI tahun 2023 adalah satu kali setiap tahun. Namun, pada anak yang mendapatkan vaksin influenza untuk pertama kali dan berusia di bawah 9 tahun harus menerima 2 dosis terlebih dahulu. Pemberian vaksin ini dengan jarak minimal 4 minggu antara dosis pertama dan kedua. Setelah itu, anak-anak cukup mendapatkan 1 dosis setiap tahun. Sementara anak-anak di atas usia 9 tahun cukup mendapatkan 1 dosis setiap tahun.

Oleh karena itu, vaksinasi influenza merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan dan prestasi akademik anak di lingkungan sekolah. Mari ayah dan bunda, pastikan vaksin influenza pada anak di sekolah terpenuhi satu dosis setiap tahunnya.

Silahkan cek jenis dan harga vaksin di halaman daftar harga dan konsultasikan vaksinasi sesuai jadwal di Klinik Rumah Vaksinasi kesayangan anda.

Sumber: Jadwal Imunisasi Anak IDAI 2023

Tinggalkan Balasan