Checklist Umroh 2024: Wajib Vaksin Meningitis untuk Perlindungan Keluarga

Checklist Umroh 2024: Wajib Vaksin Meningitis untuk Perlindungan Keluarga

Oleh : Rumah Vaksinasi

Pada tahun 2024, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/A/3717/2024. Surat edaran ini menetapkan bahwa vaksinasi meningitis meningokokus wajib bagi semua jemaah umrah yang berangkat ke Arab Saudi. Kebijakan ini mengikuti pembaruan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi yang mencantumkan vaksin meningitis sebagai salah satu syarat kesehatan untuk jemaah umrah.

Vaksin Meningitis terdiri dari vaksin Konjugat dan vaksin Polisakarida. Vaksin konjugat diberikan dalam 2 dosis untuk anak usia 9-23 bulan dan 1 dosis untuk individu di atas 2 tahun. Sementara itu, Vaksin Meningitis Polisakarida diberikan dalam 1 dosis untuk individu mulai usia 2 tahun hingga lanjut usia.


Vaksinasi harus dilakukan minimal 10 hari sebelum keberangkatan untuk memastikan efektivitasnya. Efektivitas vaksin biasanya mulai terbentuk dalam waktu 10 hingga 14 hari setelah vaksinasi. Vaksin meningitis yang diberikan berlaku selama 5 tahun untuk vaksin konjugat dan 2 tahun untuk vaksin polisakarida.


Vaksin meningitis tidak diberikan pada orang dengan hipersensitivitas atau alergi berat terhadap vaksin meningitis dan komponennya. Mereka yang pernah mengalami reaksi alergi berat atau anafilaksis setelah menerima vaksin meningitis, baik jenis MenACWY maupun MenB, harus menghindari vaksin ini.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai saat memberikan vaksin meningitis, yaitu: Ibu hamil dan menyusui, pemberian vaksin harus mempertimbangkan secara tepat keuntungan dan risikonya. Orang yang sedang sakit atau demam, vaksinasi sebaiknya ditunda hingga kondisi benar-benar sehat. Orang dengan sindrom tertentu, mereka yang sedang atau pernah menderita sindrom yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, seperti sindrom Guillain-Barre, disarankan berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum vaksinasi. Sebelum menerima vaksin meningitis, penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis untuk memastikan bahwa vaksinasi aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan individu.


Vaksin lain yang dianjurkan sebelum melaksanakan umroh adalah vaksin influenza, vaksin pneumonia dan Vaksin COVID-19. Vaksin COVID-19 juga sangat dianjurkan untuk semua jemaah umroh sebagai langkah pencegahan terhadap penularan virus.


Oleh karena itu, bagi ayah dan bunda yang berencana melaksakana ibadah umroh, jangan sampai terlewat untuk melakukan vaksinasi. Lengkapi vaksinasi keluarga di Rumah Vaksinasi. Silahkan cek jenis dan harga vaksin di halaman daftar harga dan konsultasikan vaksinasi sesuai jadwal di Klinik Rumah Vaksinasi kesayangan anda.

Tinggalkan Balasan