3 Alasan Imunisasi Pada Bayi

3 Alasan Mengapa Imunisasi Bayi Sangat Penting

Oleh : Rumah Vaksinasi

Setiap orang tua ingin memberikan segala yang terbaik untuk buah hatinya agar tetap sehat. Orang tua akan menjaga bayinya dari kedinginan dengan memberikan pakaian yang paling hangat dan lembut di kulit mereka. Orang tua juga akan memilihkan makanan yang paling bersih dan bergiziĀ  untuk menunjang pertumbuhan anak. Orang tua juga akan menjaga bayinya dari asap rokok dan polusi yang dapat mengganggu pernapasannya. Tetapi tahukah Ayah dan Bunda bahwa cara terbaik untuk memberikan perlindungan kepada bayi adalah dengan memastikan mereka telah mendapatkan semua vaksinasi sesuai rekomendasi dari dokter. Berikut adalah tiga alasan mengapa bayi harus mendapatkan imunisasi yang lengkap.

  1. Imunisasi dapat menyelamatkan nyawa setiap anak

    Dengan kemajuan ilmu kedokteran, setiap anak dapat dilindungi dengan lebih banyak penyakit daripada sebelumnya. Diare, Pneumonia, Flu, Hepatitis A dan B, Typhoid bahkan Demam Berdarah. Berbagai penyakit menular yang dahulu dapat menyebabkan kesakitan dan kematian pada ribuan anak saat ini telah jauh berkurang bahkan daintaranya telah punah seperti cacar dan polio.

  1. Imuniasi sangat aman dan efektif.

    Produk vaksin yang diizinkan beredar di masyarakat adalah produk yang telah melalui proses yang sangat panjang dan juga sangat ketat. Sehingga imunisasi telah terjamin kemanan dan keefektivitasannya. Vaksin memang akan sedikit memberikan ketidaknyamanan. Vaksin mungkin juga menyebabkan rasa sakit dan kemerahan di tempat suntikan. Namun, efek ini minimal. Rasa sakit, ketidaknyamanan, dan komplikasi dari penyakit yang dicegah oleh vaksin jauh lebih buruk. Manfaat pencegahan penyakit dari pemberian vaksin jauh lebih besar daripada kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi.

  1. Imunisasi dapat menghemat waktu dan pengeluaran keluarga.

    Pengeluaran saat anak sakit akan jauh lebih besar dibandingkan dengan saat anak diberikan vaksin. Ketika anak sakit, ayah dan bunda harus mengorbankan waktu produktivitas mereka untuk merawat anak hingga pulih. Contohnya, ketika anak diare, proses penyembuhan dapat berlangsung 2-3 hari atau bahkan lebih lama. Kadang anak harus dirawat di rumah sakit. Dengan pemberian vaksin rotavirus, anak telah mendapatkan perlindungan dari diare yang disebabkan oleh rotavirus.

Oleh karena itu, Ayah dan Bunda, jangan tunda atau lewati imunisasi untuk bayi. Manfaat yang diperoleh jauh lebih besar dibandingkan kekhawatiran terhadap risiko kecil yang jarang terjadi. Segera konsultasikan jadwal imunisasi bayi Ayah dan Bunda di Rumah Vaksinasi kesayangan Ayah dan Bunda

Tinggalkan Balasan