Benarkah Vaksin Dapat Mengatasi Pandemi?

Sejak pandemi dimulai pada akhir tahun 2019, para ilmuwan berlomba-lomba membuat vaksin terbaik untuk melawan COVID-19. Kini, setelah vaksin diberikan selama beberapa bulan terakhir, pandemi COVID-19 penyelesaian diharapkan dapat memiliki titik terang.

Pernahkah Sahabat bertanya-tanya mengapa ‘vaksin’ yang dipilih menjadi solusi melawan pandemi? Atau bertanya-tanya apakah vaksin benar-benar dapat mengatasi pandemi?

Sahabat, sebelum pandemi COVID-19 yang menyerang berbagai dunia sejak akhir tahun 2019, ternyata ada beberapa pandemi lain yang tercatat dalam sejarah. Pandemi yang menjadi awal dibentuknya vaksin adalah smallpox atau variola yang mulai menyebar sejak abad ke-15. Smallpox adalah. Saat itu, smallpox dilaporkan dapat membunuh 3 dari 10 orang di dunia. Lalu, pada akhir abad ke-18, seorang dokter asal Inggris, dr. Edward Jenner, mengembangkan vaksin pertama untuk melawan smallpox. Pada tahun 1959, program vaksinasi dimulai hingga akhirnya pada tahun 1980 smallpox benar-benar menghilang dari muka bumi ini!

Begitu pula yang terjadi ketika terjadi lonjakan kasus polio di Amerika pada awal abad ke-19. Vaksin polio di Amerika dilakukan pertama kali pada tahun 1955 dan terus disebarkan secara luas sejak saat itu. Pada tahun 1979, Amerika dinyatakan bebas polio!

Tidak hanya itu. Berbagai penyakit berbahaya lain, seperti pertusis, difteri, tuberkulosis, tetanus, dan campak juga sudah terbukti jauh berkurang angkanya setelah adanya vaksin.

Nah, jadi bukan tanpa alasan para ilmuwan berpendapat bawah vaksinasi adalah kunci dari penyelesaian pandemi COVID-19 saat ini. Karena itu, yuk, kita segera vaksin! Dengan vaksin, kita bisa membantu negara kita tercinta melawan COVID-19, loh. Jadi, tunggu apa lagi?